Geomedia - JFK 2022

Pembentukan UKP Pembinaan Ideologi Pancasila


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melantik sepuluh pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), di Istana Negara, Rabu (7/6). Sepuluh pengarah UKP-PIP itu adalah tokoh-tokoh nasional dari berbagai macam latar belakang.

Antara lain Megawai Soekarnoputri, Try Soetrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Ma’ruf Amin, Mahfud MD, Andreas Anangguru, Wisnu Bawa Tenaya, Sudhamek, dan Yudi Latif. Nama yang tersebut terakhir, Yudi Latif dipercaya sebagai kepala UKP-PIP. Mereka akan bekerja sesuai degnan masa tugas Presiden Jokowi.

Lalu, apa tugas UKP-PIP. Salah satunya, UKP-PIP memiliki wewenang untuk membenahi pengajaran Pancasila di tingkat nasional. Tapi, UKP-PIP tidak sampai pada fungsi menindak orang-orang yang berseberangan dengan pancasila. “Kewenangan kami terbatas, tapi ekspektasi publik begitu besar,” kata Yudi, seperti dikutip dari Tempo.co, Rabu (7/6).

Bila melihat nama-nama yang masuk dalam tim pengarah UKP-PIP, kelihatannya pemerintah serius untuk membenahi pemahaman masyarakat terhadap pancasila. Tapi, si Duta Pancasila, Zaskia Gothik kok gak ada ya??

 

Pembentukan UKP Pembinaan Ideologi Pancasila

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Meme
Upload your own images to make custom memes