Geomedia - JFK 2022

Nasib Calon Independen


Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, 15 Februari yang lalu, ternyata tak ramah bagi calon-calon yang maju dari jalur independen. Sebab, dari 39 daerah, hanya ada satu daerah yang dipastikan akan dimenangkan oleh calon perseorangan.

Satu daerah itu adalah Kabupaten Boalemo, di Provinsi Gorontalo. Sebab, di Boalemo, dua pasangan calon yang bertarung, seluruhnya adalah calon independen. Yakni Darwis Moridu-Anas Yusuf dan Uwes Amir-Buyung J.

Bagaimana dengan daerah lain? Memang, di Kabupaten Pidie, pasangan dari jalur independen, Roni Ahmad Fadhlullah-TM Daud punya potensi menang. Sejauh ini, dari penghitungan sementara di KPU, pasangan ini memperoleh 48,09 persen.

Tapi, angka itu hanya selisih tipis dari pasangan dari jalur parpol, Sarjani Abdullah-M. Iriawan (46,08%). Jadi, Roni-Daud belum bisa dipastikan aman. Bahkan, pilkada Kabupaten Pidie rawan sengketa.

Sementara itu, di 37 daerah lainnya, calon-calon perseorangan rontok. Perolehan suara mereka kalah dengan pasangan calon yang diusung parpol (Jawa Pos, edisi 20 Februari).

Ya sudah lah…mungkin kurang beruntung. Lain kali coba lagi yuk…

 

Nasib Calon Independen

log in

Captcha!

reset password

Back to
log in
Choose A Format
Meme
Upload your own images to make custom memes