Poliklitik
Now Reading:

Basian Orba

Basian Orba

Bak buah simalakama. Sejumlah lembaga survei menyatakan banyak agenda reformasitidak berjalan di era Presiden Joko Widodo. Elite politik Orde Baru di tubuh pemerintahan saat ini dinilai jadi penyebabnya.

Beberapa agenda reformasi yang masih mandek di antaranya terkait penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu hingga maraknya praktik korupsi dalam birokrasi.

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada Wawan Masudi berpendapat hal itu terjadi karena tokoh-tokoh lama masih berkuasa di pemerintahan Jokowi.

“Elite lama yang dulu berkuasa sampai sekarang masih sangat jelas posisinya di pemerintahan. Kekuatan politik lama yang dipersoalkan Orde Baru sekarang konsolidasi. Itu yang membuat agenda reformasi tidak berjalan optimal,” ujar Wawan kepada CNNIndonesia.com.

Salah satu tokoh yang mencolok ialah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Keputusan Presiden Jokowi ketika melibatkannya ke pemerintahan sempat memicu penolakan dari sejumlah lapisan masyarakat.

Saat Orde Baru, Wiranto menjabat Menteri Pertahanan dan Keamanan/Panglima ABRI (Menhankam/Pangab). Ia diduga terlibat perkara pelanggaran HAM berat masa lalu. Namun kini Jokowi mempercayakan Wiranto menduduki posisi menteri yang mengoordinasi bidang politik, hukum dan keamanan (CNN Indonesia, 21/05/2018). Oiya ini juga berlaku serupa pada geng satu lagi ya? Lalu kita kompak sekali ramai-ramai teriak “tuntaskan!” pada rumput yang bergoyang. @ngomikmaksa

Share This Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Input your search keywords and press Enter.