Poliklitik
Now Reading:

Invasi Budaya

Invasi Budaya

POLIKLITIK.COM – K-Pop, dalam beberapa tahun belakangan ini, tak sekadar menjadi produk hiburan semata. Tapi juga sudah menjadi industri yang sangat menjanjikan.

Terbaru, BTS (Beyond the Scene), salah satu boyband besar dari Negeri Gingseng bikin ‘repot’ banyak orang di Indonesia. BTS memang tidak sedang menggelar konser di sini.

Tapi, kehadiran BTS Meal, produk kolaborasi antara BTS dengan McDonald’s lah yang menjadi magnet bagi Army (sebutan untuk fans BTS). Rabu (9/6), kerumunan massa terjadi di hampir semua McD yang mendistribusikan BTS Meal.

Kerumunan itu, didominasi driver ojek online. Lantaran banyak Army yang memilih membeli BTS Meal via aplikasi.

Tentu saja, di tengah pandemi seperti ini, kerumunan massa tidak bisa dibiarkan. Di Jakarta misalnya, Satpol PP sampai harus memberi sanksi kepada 32 gerai McD. Di mana 20 di antaranya harus ditutup untuk sementara waktu.

Pemandangan serupa juga terjadi di daerah lain.

Lalu, apa istimewanya BTS Meal?

BTS Meal merupakan paket yang berisi nugget ayam, french fries, Coca-Cola, dan dua macam saos khusus. Dari menu, sejatinya tak ada perbedaan signifikan dengan paket-paket yang sebelumnya dipasarkan McD. Yang berbeda adalah kemasannya.

Di mana packagingnya menampilkan logo BTS. Inilah yang diburu Army. Bahkan, dijadikan koleksi.

Packaging BTS Meal bahkan sudah seliweran di marketplace. Ada seller yang berani menjual BTS Meal seharga Rp 1 juta. Padahal cuma packagingnya saja.

Entah apakah ada yang beli atau tidak. Tapi ini, sudah menjadi sebuah fenomena. Bahwa, budaya bisa membuat orang rela mengeluarkan uang, juga rela antri berjam-jam. (*)

Share This Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Input your search keywords and press Enter.