Poliklitik
Now Reading:

Ancaman TKA

Ancaman TKA
Belakangan ini, isu mengenai Tenaga Kerja Asing (TKA) menjadi topik hangat yang diperbincangkan banyak kalangan. Sebab, tak sedikit yang menilai bahwa keberadaan TKA itu mengancam tenaga kerja lokal. Benarkah?
Menteri koordinator kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa tak selalu TKA itu menggerus pos pos pekerjaan yang selama ini diisi WNI. “Sebab, ada kompetensi-kompetensi tertentu yang itu tidak dimiliki tenaga kerja lokal,” kata dia.
Ketimbang berdebat, kata dia, seharusnya semua pihak berupaya untuk meningkatkan kompetensi dari tenaga lokal. Sebaliknya, tenaga kerja asing sejauh ini dari sisi kuantitas belumlah menjadi ancaman serius bagi tenaga kerja lokal.
Saat ini, ada sekitar 126 ribu TKA di Indonesia. Angka itu, tentu masih relatif kecil.
Luhut bahkan meminta semua pihak melihat apa yang terjadi pada Singapura yang memiliki 3 juta TKA. Tapi berkat TKA itulah, Singapura jadi maju.
Keberadaan TKA itu harusnya membuat tenaga kerja lokal makin termotivasi. “Kita harus jadi bangsa yang punya fighting spirit,” pungkas dia (CNN Indonesia, 09/03/2018). Hmm sebenarnya kalau pake prinsip fairplay dan peraturannya jelas dan tegas sih bisa lah kita bicara “fighting spirit”. Gimana menurut sobad sekalian? @mufcartoon
Share This Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Input your search keywords and press Enter.