Poliklitik
Now Reading:

PNS Beban

PNS Beban

Kira-kira kalo mau bayar pajak terus dilayanin robot, kalian pada kaget nggak? Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyatakan bahwa saat ini ada 1,6 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang jadi beban negara. Pasalnya, mereka hanya memiliki keahlian (skill) administratif.
Padahal, dengan perkembangan teknologi sekarang ini dibutuhkan birokrat yang tidak hanya memiliki kemampuan administratif melainkan juga kemampuan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman.
Dia mengatakan, jumlah aparatur sipil negara di Tanah Air mencapai 4,3 juta orang. Namun, dari jumlah tersebut lebih banyak didominasi oleh tenaga kerja administratif. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, para PNS tersebut bisa saja tergantikan oleh mesin dan teknologi Sindonews.com, 27/03/2018). Nggak terbayang kalau sampai para PNS khususnya dibidang administratif digantikan oleh mesin atau mungkin robot. Tapi sisi positifnya kalau digantikan mesin, jadinya nggak ada uang lelah atau “sukarela”. Yang paling boncos di listrik doang karena dipake nge-cas. @ngomikmaksa

Share This Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Input your search keywords and press Enter.